Cara Bikin Candil Ketan: Resep Mudah dan Lezat

Jajanan tradisional selalu memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Salah satu jajanan yang sering dijumpai di pasar atau warung adalah candil ketan. Candil ketan memiliki tekstur yang kenyal dan lembut, serta disajikan dengan kuah santan gula merah yang manis. Ingin mencoba membuat candil ketan sendiri di rumah? Berikut adalah resep dan cara bikin candil ketan yang mudah dan lezat.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat candil ketan, pastikan untuk menyiapkan bahan-bahan berikut:

Untuk Candil:

  • 200 gram tepung ketan
  • Air secukupnya
  • Pewarna makanan (opsional)

Untuk Kuah Santan:

  • 200 ml santan kental
  • 150 gram gula merah, serut
  • 2 lembar daun pandan, simpulkan
  • 1/4 sendok teh garam
  • Air secukupnya

Cara Membuat Candil Ketan

1. Campur Tepung Ketan dan Air

Campurkan tepung ketan dengan air secukupnya, aduk hingga tercampur rata dan tidak ada gumpalan. Jangan terlalu banyak menambahkan air agar adonan tidak terlalu lembek.

2. Bentuk Adonan Menjadi Bulat Kecil

Ambil sejumput adonan, bulatkan hingga berbentuk bola kecil. Jika ingin membuat variasi warna, tambahkan pewarna makanan pada adonan sebelum dibentuk. Ulangi hingga adonan habis.

3. Rebus Candil Ketan

Panaskan air dalam panci hingga mendidih. Masukkan bola-bola ketan ke dalam air mendidih, aduk perlahan agar bola-bola ketan tidak saling menempel dan tidak lengket di dasar panci. Tunggu hingga bola-bola ketan terapung dan matang, angkat dan tiriskan.

Cara Membuat Kuah Santan

1. Rebus Gula Merah dan Daun Pandan

Panaskan air dalam panci, masukkan serutan gula merah dan daun pandan. Aduk hingga gula merah larut dan campuran mendidih.

2. Tambahkan Santan dan Garam

Tuang santan kental dan garam ke dalam campuran gula merah dan aduk perlahan hingga tercampur rata dan mendidih.

3. Sajikan Candil Ketan dengan Kuah Santan

Letakkan candil ketan yang sudah matang ke dalam mangkuk, tuang kuah santan gula merah di atasnya. Candil ketan siap disajikan.

Tips Membuat Candil Ketan yang Lezat

  • Pilih tepung ketan yang berkualitas dan tidak terlalu kasar.
  • Jangan terlalu banyak menambahkan air pada adonan candil agar tidak terlalu lembek.
  • Rebus bola ketan hingga matang dengan api kecil agar tidak pecah atau rusak.
  • Sajikan candil ketan bersamaan dengan kuah santan yang masih hangat agar lebih nikmat.

Kesimpulan

Candil ketan merupakan jajanan tradisional yang mudah dibuat di rumah. Dengan menggunakan resep dan cara bikin candil ketan di atas, anda bisa mencoba membuatnya sendiri. Sajikan candil ketan bersamaan dengan kuah santan gula merah yang manis dan nikmati sensasi kenyal dan lembutnya candil ketan.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

1. Apa itu candil ketan?

Candil ketan adalah jajanan tradisional Indonesia yang terbuat dari adonan tepung ketan yang dibentuk bulat kecil dan direbus dalam air. Candil ketan biasanya disajikan dengan kuah santan gula merah.

2. Apa yang dimaksud dengan tepung ketan?

Tepung ketan adalah tepung yang terbuat dari beras ketan yang diasah halus hingga halus. Tepung ketan biasanya digunakan untuk membuat berbagai jenis kue dan jajanan tradisional.

3. Dapatkah candil ketan disimpan dalam waktu yang lama?

Candil ketan dapat disimpan dalam kulkas selama beberapa hari, namun sebaiknya segera dikonsumsi karena teksturnya bisa menjadi keras dan tidak nikmat jika disimpan terlalu lama.

4. Apakah candil ketan dapat dibuat dengan rasa yang berbeda?

Ya, candil ketan dapat dibuat dengan variasi rasa seperti pandan, stroberi, cokelat, atau lainnya dengan menambahkan pewarna dan ekstrak rasa pada adonan candil.

5. Apa yang terjadi jika terlalu banyak menambahkan air pada adonan candil?

Jika terlalu banyak menambahkan air pada adonan candil, maka teksturnya akan terlalu lembek dan sulit dibentuk. Sebaiknya tambahkan air sedikit-sedikit hingga adonan sudah bisa dibentuk dengan mudah.

Leave a Comment