Cara Buat Butter Cream: Resep dan Langkah-langkah Mudah

Butter cream adalah salah satu jenis krim yang sering digunakan sebagai topping atau penghias kue. Butter cream terbuat dari mentega, gula halus, dan bahan lainnya yang memberikan aroma dan rasa yang lezat. Jika Anda ingin membuat butter cream sendiri di rumah, berikut ini adalah resep dan langkah-langkahnya.

Bahan-bahan

Sebelum memulai membuat butter cream, pastikan Anda menyiapkan semua bahan-bahan yang diperlukan. Berikut ini adalah bahan-bahan yang biasa digunakan dalam resep butter cream:

1. Mentega

Mentega adalah bahan utama dalam pembuatan butter cream. Gunakan mentega yang sudah diambil dari kulkas dan biarkan suhu ruang selama beberapa saat sebelum digunakan. Mentega yang terlalu lembek tidak akan memberikan tekstur butter cream yang baik.

2. Gula Halus

Gula halus digunakan untuk memberikan rasa manis pada butter cream. Pastikan gula halus yang digunakan sudah diayak terlebih dahulu untuk menghindari gumpalan.

3. Susu Cair

Susu cair digunakan untuk memberikan kelembutan pada butter cream. Anda juga bisa menggunakan susu bubuk yang sudah dilarutkan dalam air.

4. Vanili

Vanili digunakan untuk memberikan aroma yang sedap pada butter cream. Anda bisa menggunakan vanili bubuk atau ekstrak vanili.

5. Pewarna Makanan

Pewarna makanan digunakan untuk memberikan warna pada butter cream. Pilihlah pewarna makanan yang aman dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya.

Langkah-langkah

Setelah menyiapkan semua bahan-bahan yang diperlukan, berikut ini adalah langkah-langkah membuat butter cream yang mudah:

1. Siapkan Wadah dan Mixer

Siapkan wadah dan mixer yang akan digunakan untuk membuat butter cream. Pastikan wadah dan mixer dalam keadaan bersih dan kering.

2. Kocok Mentega

Pertama-tama, kocok mentega dengan mixer pada kecepatan rendah sampai mentega menjadi lembut dan berwarna pucat.

3. Tambahkan Gula Halus Secara Bertahap

Tambahkan gula halus secara bertahap ke dalam mentega yang sudah dikocok. Kocok dengan mixer pada kecepatan rendah sampai tercampur rata.

4. Tambahkan Susu Cair dan Vanili

Tambahkan susu cair dan vanili ke dalam adonan mentega dan gula halus. Kocok dengan mixer pada kecepatan rendah sampai tercampur rata dan menjadi tekstur yang lembut.

5. Tambahkan Pewarna Makanan (Opsional)

Jika ingin memberikan warna pada butter cream, tambahkan pewarna makanan sedikit-sedikit sampai mendapatkan warna yang diinginkan. Kocok dengan mixer sampai tercampur rata.

6. Kocok dengan Kecepatan Tinggi

Kocok adonan dengan kecepatan tinggi selama 5-10 menit sampai butter cream menjadi lembut, padat, dan mengembang.

Penggunaan Butter Cream

Butter cream dapat digunakan sebagai topping atau penghias kue. Anda juga bisa menggunakan butter cream sebagai isian pada kue atau sebagai lapisan pada cake.

Simpan Butter Cream

Butter cream dapat disimpan di dalam kulkas selama 1-2 minggu. Sebelum digunakan, biarkan butter cream suhu ruang sampai lembut dan mudah diaplikasikan pada kue.

Kesimpulan

Butter cream adalah salah satu jenis krim yang sering digunakan sebagai topping atau penghias kue. Dengan mengikuti resep dan langkah-langkah yang benar, Anda bisa membuat butter cream sendiri di rumah dengan mudah dan praktis.

FAQs

1. Apakah butter cream bisa dibuat tanpa mixer?

Butter cream bisa dibuat tanpa mixer dengan cara manual menggunakan whisk atau garpu. Namun, proses pembuatan akan lebih lama dan melelahkan.

2. Apakah butter cream bisa disimpan di luar kulkas?

Tidak disarankan untuk menyimpan butter cream di luar kulkas karena mentega yang digunakan dapat mudah meleleh dan mengakibatkan butter cream menjadi rusak.

3. Bolehkah menggunakan mentega yang sudah dicairkan untuk membuat butter cream?

Tidak disarankan untuk menggunakan mentega yang sudah dicairkan untuk membuat butter cream karena teksturnya akan berbeda dan tidak lembut.

4. Apakah butter cream bisa dibekukan?

Tidak disarankan untuk membekukan butter cream karena teksturnya akan berubah dan menjadi tidak enak.

5. Apa yang bisa dilakukan jika butter cream terlalu encer?

Jika butter cream terlalu encer, tambahkan gula halus sedikit-sedikit sampai teksturnya menjadi padat. Kocok kembali dengan mixer sampai butter cream menjadi lembut dan padat.

Leave a Comment